ALDAN MAHASISWA BERPRESTASI YANG BERMIMPI MENJADI PENGUSAHA SAPI

ALDAN MAHASISWA BERPRESTASI YANG BERMIMPI MENJADI PENGUSAHA SAPI

Aldan Asmaul Faozan yang akrab disapa Aldan merupakan anak kedua dari dua bersaudara yang lahir dari pasangan suami istri bernama Siti Mariyah dan Sudi Hartono. Aldan lahir di Purbalingga, 17 Oktober 1998. Saat ini, Aldan bertempat tinggal di Desa Timbang, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga, lebih tepatnya di perbatasan antara Kabupaten Banjarnegara dengan Kabupaten Purbalingga. Ibu dari Aldan hanya bekerja sebagai Ibu Rumah Tangga dan Ayahnya bekerja sebagai Karyawan Swasta di Pulau Sumatera. Aldan adalah seorang mahasiswa di salah satu universitas di daerah Purwokerto yaitu Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto. Aldan mengambil Program Studi Peternakan dan merupakan mahasiswa berpretasi yang mendapatkan nilai IPK tertinggi di Program Studi Peternakan kelas  regular pagi.

Keseharian Aldan selain sebagai seorang mahasiswa di UNU Purwokerto yaitu berternak Sapi walaupun hanya beberapa ekor. Setiap pagi sebelum berangkat kuliah, Aldan membersihkan kandang Sapi sebagai rutinitas yang menyenangkan untuk dijalani. Selain membersihkan kandang, Aldan juga mencari rumput untuk pakan Sapi. Aldan hanya menggunakan dedak padi dan ampas tahu sebagai tambahan pakan selain rumput. “Maklum saja, untuk membeli pakan kosentrat masih terlalu mahal harganya sehingga saya hanya menggunakan dedak padi dan ampas tahu sebagai pengganti kosentrat” ungkapnya. Memiliki ternak Sapi walaupun hanya beberapa ekor membuat Aldan bisa berternak sambil belajar “ibarat praktik gratis sehingga bisa lebih mengenal dan mendalami ilmu peternakan yang sesungguhnya” ungkapnya lagi. Selain itu, dia juga bisa mengaplikasikan ilmu-ilmu yang di dapatkan dari perkuliahan secara langsung ke ternak Sapi yang dia miliki.

Jarak dari rumah Aldan ke UNU Purwokerto sekitar 45 kilometer dan waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam. Cukup jauh memang, tetapi bukan menjadi hambatan bagi Aldan untuk kuliah. Aldan mengatakan bahwa ada pepatah “carilah ilmu sampai ke Negeri Cina”. “Pepatah tersebut membuat  saya berfikir bahwa jarak 45 kilometer bukan apa-apa dari pada harus pergi ke Cina.hehe” ungkap Aldan. “Motivasi saya memilih Program Studi Peternakan karena saya melihat banyak peluang bisnis di bidang peternakan dimana peluang tersebut akan terus meningkat seiring berjalannya waktu karena kebutuhan akan sumber hewani yang semakin meningkat. Selain itu, sudah banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya sumber protein hewani untuk pertumbuhan dan kecerdasan manusia. Saya juga memiliki mimpi bisa menjadi pengusaha sukses yang memiliki banyak karyawan di bidang peternakan khususnya peternakan Sapi Potong. Hal tersebut membuat saya berfikir bagaimana agar bisa memanfaatkan peluang yang ada dan menggapai mimpi saya” ungkap Aldan. Melanjutkan kuliah di Program Studi Peternakan UNU Purwokerto adalah salah satu cara yang Aldan lakukan untuk menggapai mimpinya agar bisa lebih mendalami ilmu di bidang peternakan  .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *